cara membuat aplikasi android

Begini Cara Pembuatan Aplikasi Android Yang Bisa Kamu Coba

Bagustekno.com – Dunia perindustrian dalam bidang pembuatan aplikasi sudah sangat banyak diminati oleh khalayak ramai. Apalagi pada anak zaman sekarang. Hal itu menjadi pekerjaan impian dengan gaji yang lumayan besar. Namun, untuk memulai hal tersebut anda harus bisa mengetahui cara membuat aplikasi android.

Industri aplikasi ini merupakan industri yang sangat populer dan dipopulerkan oleh iphone pada app storenya. Mereka (orang- orang) mengenal aplikasi dan software canggih melalui smartphone yang sangat favorit itu sampai sekarang. Terbukti kehadirannya dalam waktu yang sebentar dapat menjadi sebuah perusahaan yang benar benar besar yaitu whatsapp. Ketika tren tersebut muncul, maka disusul dengan android yang memperbanyak aplikasi pada laman storenya di pasar luas.

Tak heran jika banyak orang yang tertarik dan mempunyai perhatian khusus terhadap industri aplikasi dan menginginkan untuk bisa membuatnya dan meraup profit yang sangat besar. Contohnya pada aplikasi edit foto terbaik yang dimana sangat laris dipasaran karena semakin lama semakin banyak digunakan untuk menyempurnakan sebuah foto. Hal itu merajalela baik di iphone maupun di android.

Dengan begitu viral nya pasti ada proses yang harus dilalui agar mencapai sebuah target. Berikut beberapa proses yang bisa kamu lakukan sebagai pembuat aplikasi pemula. Beginilah cara membuat aplikasi android,

Cara Membuat Aplikasi Android

  1. Buat konsepnya terlebih dahulu 

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah membuat konsepan dari aplikasi yang akan dibuat. Kira-kira apakah tujuan dan feedback yang akan dirasakan oleh banyak orang ketika menggunakan aplikasi yang kamu buat ini. Permasalahan sangat penting untuk dipikirkan diawal agar aplikasimu juga bisa digunakan oleh masyarakat luas. Dengan begitu selain kamu membuat aplikasi atas dasar cuan atau uang juga akan bermanfaat bagi kemaslahatan umat.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Tiktok Terbaik 2022

Semua hal tersebut harus dipikirkan dengan matang-matang agar hasilnya maksimal dan memuaskan. Dengan membuat aplikasi berdasarkan masalah dan menjadikannya solusi maka akan membuat kamu semakin puas, matang, dan luas.

  1. Riset dan membuat storyboard

Jangan lupakan bagian ini jika ingin aplikasi mu berhasil. Dengan melakukan riset maka kamu akan tau seberapa banyak peminat aplikasimu nanti. Selain itu dengan riset kamu juga meyakinkan dirimu untuk membuat aplikasi tersebut. Pastinya akan banyak kompetitor dan persaingan yang ketat dengan pembuat aplikasi lainnya. Melakukan survey sekiranya dapat membantumu untuk menggali aplikasi lebih dalam serta mengevaluasi aplikasi lain dan melakukan perbaikan di aplikasimu. Setelah itu kamu bisa membuat rancangan yang detail agar cukup berkualitas.

  1. Tahap eksekusi 

Tahapannya ada dua yaitu back end dan juga wireframe. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi dan programming aplikasinya sendiri sehingga dapat memudahkan semuanya.

  1. Uji coba 

Dengan tahap yang dilakukan sebelumnya jangan cepat senang terlebih dahulu. Kamu harus menguji coba prototipe untuk memastikan bahwa aplikasimu berjalan dengan lancar.

  1. Desain tampilan 

Ini sepele namun sangat penting, karena jika aplikasimu mempunyai tampilan yang bagus maka akan semakin orang tertarik mencobanya.

  1. Uji coba koneksi

Uji coba kedua dapat kamu lakukan untuk mengetahui apakah back end yang kamu buat berfungsi pada user internal atau tidak sama sekali.

  1. Beta testing 

Melakukan aktivitas ini akan membuat kamu semakin tau bagaimana minat masyarakat calon pengguna aplikasimu dapat diterima dengan baik. Dengan begitu kamu akan lebih siap untuk merilisnya. Dan yang terakhir merilis aplikasi, itulah beberapa  cara membuat aplikasi android.

Leave a Reply