Magnetic Lasso Tool di Photoshop adalah alat paling mudah untuk edit background gambar. Ingin belajar cara pakainya? Baca dulu artikel cara edit background foto di Photoshop ini.

Cara Edit Background Foto di Photoshop

Bagustekno.com – Ingin tahu cara edit background foto di Photoshop? Anda cukup gunakan Magnetic Lasso Tool saja. Untuk mengetahui cara penggunaan tool ini, mari bahas langkah cara – caranya di bawah ini!

Ayo Belajar Cara Edit Background Foto di Photoshop dengan Magnetic Lasso!

Berbeda dengan aplikasi edit video Android, Photoshop menawarkan tool sederhana tapi sangat berguna yaitu Magnetic Lasso. Jika ingin edit background gambar, alat ini adalah yang paling mudah digunakan. Berikut adalah panduan cara memakainya:

Buka Gambar yang Akan Diedit

Langkah pertama adalah membuka file gambar yang akan Anda edit untuk tambahkan background. Setelah memasukan file gambar, ubah pengaturan layernya agar gambar dapat di edit. Selanjutnya, copy layer tersebut. Copy layer ini hanya sebagai jaga – jaga jika Anda melakukan kesalahan saat menggunakan tool Lasso.

Gunakan Magnetic Lasso Tool

Sekarang waktunya menggunakan Magnetic Lasso Tool. Anda cukup arahkan kursor pada icon Lasso pada bar di sebelah kiri. Icon gambar tali melingkar di deretan ketiga adalah Lasso Tool. Klik gambar segitiga kecil di pojok untuk temukan varian Lasso Tool yang Magnetic.

Seleksi Gambar yang Ingin Anda Amankan

Setelah klik icon Magnetic Lasso Tool, waktunya memotong gambar. Tekan kursor di area batasan antara gambar yang ingin dihilangkan backgroundnya. Tool ini akan langsung menempel pada pixel warna yang berbeda dari sekitarnya. Biasanya membentuk outline berupa garis tebal. Tarik Lasso ini untuk memilih area yang akan dipisahkan.

Setelah area terseleksi, klik menu bertuliskan “Select” lalu cari opsi “Inverse”. Setelah klik pilihan ini, area sekitar gambar yang terseleksi akan terpilih sebagai target. Selanjutnya klik Delete untuk hapus area background tersebut. Setelah terhapus, klik “CTRL + D” untuk keluar dari proses seleksi.

Baca Juga:  Cara Download Play Store di Smartphone dengan Mudah

Masukan Gambar Background Baru

Setelah tidak ada background, Anda buka file gambar baru yang merupakan background baru yang akan ditambahkan. Setelah gambar siap, tarik gambar background ke area yang kosong hasil seleksi sebelumnya. Gambar nantinya akan menyatu. Selamat, Anda sudah sukses belajar cara edit background foto di Photoshop.

Save Hasil Edit

Setelah mengatur posisi gambar dan backgroundnya, Anda tinggal simpan hasil edit ini. Pastikan simpan dalam bentuk PSD dan juga JPG. Gambar JPG sdapat langsung Anda gunakan. Sedangkan save file PSD adalah project file yang berisi susunan layer gambar tadi. Jika ingin edit lebih jauh, Anda cukup pakai file PSD ini saja.

Coba – Coba Kreasi Sendiri Agar Lebih Ahli

Kombinasi gambar background dengan foreground sangat banyak. Anda bahkan bisa gunakan banyak layer untuk tambahkan berbagai gambar lain agar lebih menarik. Menggunakan teknik cara edit background foto di Photoshop di atas, Anda bisa coba sendiri latihan. Semakin banyak coba – coba dan latihan, Anda akan lebih ahli melakukannya!