Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form

Bagustekno.com – Google form sendiri merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh pihak google untuk melakukan survey melalui kuesioner yang dibuat dengan cara online. Fitur yang satu ini kerap kali digunakan oleh mahasiswa hingga orang dewasa karena cara membuat google form yang tergolong mudah.

Dilain sisi juga anda tak perlu merogoh kocek sepeserpun ketika menggunakan fitur yang satu ini, dan masih banyak lagi kelebihan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan fitur yang satu ini untuk membantu menyelesaikan aktivitas sehari – hari anda tersebut.

Kelebihan Menggunakan Google Form

  1. Real Time

Setiap target responden anda selesai mengisi form yang anda berikan dan mengumpulkannya maka hasilnya akan langsung di update oleh pihak google, tentu hak tersebut membuat anda menjadi lebih menghemat waktu daripada harus terjun lapangan langsung membawa kuesioner kertas.

  1. Sharenya Mudah

Dengan menggunakan google form tentu memberi anda beragam pilihan kepada anda untuk membagikannya setelah anda membuat google form itu. Entah anda mau membagikannya melalui link, email, dan lain semacamnya.

  1. Sangat Mudah Penggunaannya

Fitur google form sendiri mempunyai tampilan luar yang sederhana sehingga anda yang masih awam sangat mudah untuk menggunakannya. Dilain sisi, fitur google yang satu ini juga mempunyai opsi drag and drop yang mempermudah anda sebagai pengguna untuk melakukan editing kembali.

  1. Memiliki Summary

Fitur google mail yang satu ini nyatanya memiliki sebuah ringkasan atau summary yang ditampilkan dalam bentuk diagram maupun grafik yang bisa anda lihat sendiri. Tentu kelebihan tersebut dapat mempermudah anda untuk melihat hasil dari kuisioner yang telah anda bagikan.

  1. Pastinya Gratis!

Anda bisa memakai keseluruhan fitur dari google form dengan tidak adanya biaya yang dipungut oleh pihak pengembang sepeserpun. Hal ini yang merupakan kelebihan utama dari google form sendiri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para penggunanya.

Cukup sekian artikel dari kami mengenai kelebihan yang dimiliki oleh google form yang bisa anda coba lakukan dan rasakan kelebihan tersebut dengan cara membuat google form sendiri di rumah dan coba mempraktekannya.

Berikutnya..!

Intip 4 Fungsi Google Forms yang Memiliki Banyak Manfaat

Dewasa ini, smartphone atau handphone sudah tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, jika kecanggihan teknologi saat ini memiliki dampak yang cukup positif untuk kehidupan. Salah satunya bermanfaat untuk media pembelajaran.

Google forms sebuah layanan dari google yang dapat difungsikan sebagai alat evaluasi, maupun daftar angket yang bisa diakses secara gratis. Di masa pandemi software ini sangat diminati oleh masyarakat, terutama mereka yang berkecimpung di dunia pendidikan dan di bidang bisnis.

Karena layanan ini berbasis online dan menyebarkannya cukup melalui link yang dikirimkan, maka surveyor atau orang yang melakukan survey, dapat dengan mudah membangun hubungan dan relasi bersama responden. Selain itu, Anda juga mudah memperoleh hasil survei yang sudah ditentukan.

Lalu apa saja sih fungsi dan manfaat yang diperoleh saat menggunakan salah satu layanan aplikasi web google ini? Simak yuk.

  1. Formulir pendaftaran kerja

Di masa pandemi saat ini, layanan google forms sangat bermanfaat bagi beberapa perusahaan. Lantaran selain lebih cepat dan praktis untuk menjalankan aktivitas pekerjaan, perusahaan juga dapat dengan mudah membuka lowongan pekerjaan secara online maupun remote.

  1. Pembelian produk

Fungsi google form berikutnya, dapat digunakan sebagai formulir pembelian produk atau layanan. Dengan kata lain, surveyor tidak perlu mencatat hasil penjualan produk secara manual. Lantaran hasil informasi tersebut sudah terekam di document google form.

  1. Kueisioner

Layanan aplikasi web google ini juga dapat menjadi media evaluasi, kritik, ulasan maupun untuk kebutuhan penelitian. Responden biasanya mengisi jawaban dari kuesioner, yang diberikan oleh pengguna. Lalu hasil kuesioner tersebut langsung bisa ditentukan tanpa harus menghitung ulang data.

  1. Lembar kerja

Fungsi selanjutnya, dapat dimanfaatkan untuk media pembelajaran. Yakni biasanya para guru memberikan tugas melalui formulir agar diisi oleh murid-muridnya.

Jadi dengan google forms ini, Anda akan dimudahkan dalam mengumpulkan data maupun mengoleksi informasi.  Selain itu Anda tak perlu membuang uang maupun tenaga untuk mencetak dokumen atau berkas, karena dapat direkam langsung oleh document google.

Cara Membuat Google Form di HP

Semenjak hadirnya google form, mengumpulkan data survei saat ini menjadi lebih mudah dan efisien. Jika dahulu data diperoleh dari pengisian selembar kertas, maka saat ini Anda dimanjakan dengan perkembangan teknologi digital, berupa formulir online.

Salah satu software dari google ini juga dapat membuat Anda menjadi menghemat kertas, waktu, serta tenaga. Selain itu cara membuat google form di hp pun cukup mudah, dengan penyajian data dari responden yang bervariasi, seperti penyajian dalam bentuk diagram hingga dalam pola spreadsheet.

Walaupun mudah digunakan dan saat menggunakan layanan tidak dipungut biaya. Namun google form ini memiliki beberapa kekurangan. Seperti terbatasnya rasio linier dan tidak menyediakan rasio dengan skala thurstone, serta tidak dapat menggunakan equation secara langsung.

Baca Juga:  Cara Melacak Posisi HP Android Samsung yang Hilang

Untuk cara membuat google form bisa dilakukan melalui handphone maupun laptop. Selain itu, Anda juga bisa mengunduhnya melalui playstore. Namun agar bisa lebih mudah mengetahui perkembangan kuisioner. Berikut cara buat google form melalui handphone.

  • Langkah 1

Pertama Anda harus memiliki akun aktif untuk dapat mengakses google form. Selain sebagai syarat untuk mengakses layanan, nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang diberikan oleh salah satu layanan google ini.

  • Langkah 2

Cara membuat google form di hp selanjutnya buka situs forms.google.com, klik logo tiga baris di sebelah kiri atas. Setelah Anda masuk ke halaman google form. Nantinya akan melihat beberapa gallery template yang bisa digunakan. Seperti undangan pesta, RSVP, formulir pesanan, dan masih banyak lagi. Namun jika Anda ingin membuat tampilan baru bisa klik gambar +

  • Langkah 3

Langkah berikutnya, setelah Anda menyusun pertanyaan di kertas. Anda bisa menambahkan di google form dan jangan lupa untuk mengisi judul serta deskripsi terlebih dahulu.

  • Langkah 4

Untuk format jawaban memiliki berbagai tipe, ada jawaban berupa kalimat singkat serta panjang, ataupun pilihan ganda.

  • Langkah 5

Selain itu jika pertanyaan tersebut wajib untuk dijawab, Anda bisa aktifkan required untuk setiap pertanyaan.

  • Langkah 6

Setelah itu jangan lupa untuk save dan salin link kuesioner, agar responden bisa mengisi formulir Anda.

Cukup mudah bukan cara membuat google form di hp? Tak perlu biaya tambahan agar mendapatkan data dari responden. Cukup dengan satu klik kuesioner Anda bisa selesai.

Baca juga…!

3 Langkah Mudah, Membuat Document Google From

Jika google form merupakan layanan untuk membuat dan menyebarkan kuesioner secara online, berbeda dari docs google form. Layanan ini bisa Anda gunakan untuk menulis secara langsung tanpa harus membuka Microsoft word. Singkatnya dokumen google form ini, memudahkan Anda untuk membuat, mengedit, hingga membagikan dokumen secara daring.

Sama halnya dengan google form, dokumen online ini bisa Anda unduh di playstore maupun diakses secara langsung melalui website google.

Dokumen google form ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan Anda untuk mengirim dokumen maupun mengunduhnya. Berikut beberapa fitur dari dokumen google form yang bisa Anda manfaatkan.

Untuk dokumen yang bisa diunduh adalah format microsoft word (.docx), plain text (.txt), PDF document (.pdf), web page (.html,zipper), rich text format (.rtf), dan opendocument format (.odt) serta EPUB publication (.epub).

Keunggulan docs google form ini adalah, Anda bisa membagikan dokumen kepada siapa saja tanpa ada batasnya. Selain itu satu dokumen ini dapat diakses oleh 200 orang secara bersamaan, namun memiliki batas maksimal 50 orang saat mengedit secara bersamaan.

Walaupun berbasis online, ternyata google document ini dapat diakses secara offline juga, lho. Anda bisa mengaktifkan fitur ini ketika sinyal sedang lemah maupun tidak menggunakan data internet.

Untuk cara membuat docs google form cukup mudah, Anda bisa melakukannya di smartphone maupun laptop. Simak langkah-langkahnya.

  • Langkah 1

Sebelum membuat dokumen online ini, Anda harus memiliki akun aktif google untuk mengaksesnya.

  • Langkah 2

Setelah Anda membuat akun google, buka situs forms.google.com lalu akan muncul tampilan jendela formulir. Nah karena Anda akan membuat dokumen klik tiga baris di sebelah kiri untuk menampilkannya.

  • Langkah 3

Setelah itu klik dokumen berwarna biru, nantinya akan muncul beberapa gallery template yang bisa digunakan tanpa harus membuat template baru. Namun, jika Anda menginginkan document tanpa template Anda bisa klik gambar + atau blank.

Sudah deh, Cuma itu saja langkah-langkahnya cukup mudah bukan? Tampilan dokumennya memang mirip dengan microsoft word. Oleh sebab itu, dengan adanya docs google form ini, Anda tak perlu susah-susah menginstal di aplikasi word.

Pembahasan berikutnya yaitu..

4 Manfaat Google Formulir Gratis 

Bagi Anda yang sedang mencari format formulir tidak perlu format manual dengan ketikan satu per satu, menata letak dan editing. Kini, Google telah menyediakan format google formulir gratis yang tinggal praktis Anda pakai setiap hari. Jika Anda harus membuat kotak ceklis, simbol dan keterangan tanda bintang telah tersedia, bisa juga digunakan secara online.

Manfaat apakah yang diperoleh dari Google form?

  1. Memberikan sebuah tujuan survey

Dengan adanya sebuah tujuan survey maka Google akan membuat formatnya sesuai dengan tampilan survey pada umumnya terdapat kolom pertanyaan dan kolom jawaban. Untuk kolom tanya bisa Anda isi dengan tulisan dan gambar tertentu, sedangkan untuk kolom jawaban diisi dengan jawaban yang diinginkan. Ada model formulir yang bullet and numberingnya angka, huruf atau kotak ceklis dan ada juga yang titik-titik untuk diisi sendiri.

  1. Memberikan tujuan dokumen syarat 

Dokumen syarat formatnya ditata rata kiri dengan sejumlah tanda bintang bagian bawahnya, kolom utama berisi tentang pernyataan keinginan perusahaan untuk seseorang. Katakanlah bahwa syarat kredit tertulis di kolom utama dengan keterangan bagian bawahnya adalah a,b,c dan d.

Baca Juga:  Tips dan Trik Melacak HP dengan IMEI Tanpa Akun Email

Formatnya rata-rata elegan, tidak banyak simbol.

  1. Memberikan soal latihan  

Google form yang formatnya khusus soal daring juga tersedia dengan sempurna. Dengan adanya kolom utama sebagai peletakan soal per nomor, kemudian ada format pilihan ganda maka Anda tinggal mengetikkan soal dan jawabannya tanpa perlu editing lagi. Jika ada sisipan gambar maka tinggal copas dan atur ukuran.

  1. Dapat dibuat daftar hadir  

Format absensi atau daftar hadir memang bisa dibuat manual hanya dengan bantuan simbol bullet and numbering tetapi dengan Google form nantinya bisa mencetak atau menampilkan bentuk yang lebih nyaman. Misalnya, Anda tinggal mencari nama dan tanda tangan atau klik ceklisnya, bisa juga dengan mengetik nama dan sensor kartu identitas.  

Google form memberikan banyak efek positif ke banyak pihak apalagi cara membuatnya juga simpel, tak berbayar dan digunakan jangka panjang.

4 Keunggulan Google Form Quiz 

Setiap pembelajaran tentunya membutuhkan media yang menarik, evaluasi yang berbobot dan juga memberikan manfaat untuk berbagai pihak. Media Google kuis salah satunya membuat kenyamanan dalam Anda menjawab pertanyaan dan jawaban secara langsung.

Ini dia keunggulan memakai Google kuis untuk pembelajaran:

  1. Tersedia banyak menu kuis

Menu kuis sendiri tersedia banyak format sehingga mudah dan menarik untuk Anda pakai. Setiap format mewakili sebuah perintah, ada kalanya jika format A membuat orang mudah untuk dipahami, ada juga format lain yang dipakai khusus untuk pengguna khusus (pengguna dengan keterbatasan atau difabel).

  1. Hasil langsung tercantum

Kelebihan dari google form quiz lainnya adalah tersedia hasil evaluasi yang nampak setelah esainya selesai. Hasilnya menggunakan program lain di Google kuis. Hasil tersebut membantu Anda mengoreksi jawaban pengguna. Jadi, Anda tidak perlu mengecek satu per satu. Kelemahannya, hanya untuk opsi pilihan ganda saja sedangkan untuk esai atau uraian tentu jawabannya beragam dan manual.

  1. Mudah dalam operasiannya

Cara membuat pernyataan di Google kuis sangat mudah, Anda tinggal buka Google form nantinya tersedia banyak pilihan model sheetnya. Anda bisa klik salah satu dan ketik tulisan, klik view dan jika sudah deal klik simpan.

Kemudahan Google kuis telah digunakan oleh 10 juta orang dunia dalam waktu 1 hari.

  1. Bisa di share ke semua lini 

Google kuis diformat sesuai dengan penggunaan khusus daring sehingga bisa masuk ke ponsel pintar, PC, laptop dan sebagainya. Tak hanya itu saja Google kuis menyediakan format ke akses sosmed seperti fb, ig, wa, dan sebagainya. Jika formatnya doc maka Anda harus mengunduh aplikasi word document.

Tema yang menarik membuat Google kuis lebih diminati daripada Anda membuat manual sendiri. Tema yang digunakan secara pokok tidak dapat diubah total tetapi hanya bisa ditambahkan sedikit perubahan. Ketika hasil formnya menarik tentu pengguna akan lebih semangat dalam mengerjakan.

Cara Membuat Google Form di Laptop 

Cara membuat google form di laptop sangat mudah sekali apalagi jika Anda buat di laptop. Syaratnya jika Anda menggunakan laptop harus terhubung dengan wifi atau jaringan internet. Langkah dasarnya, Anda siapkan laptop, browser dan jaringan internet.

Untuk detailnya, simak cara membuat Google form di laptop:

  1. Buka situs google.com.
  2. Klik kolom Blank yang ada simbol +.
  3. Muncul formulir baru.
  4. Anda buat judul dan rincian atau gambaran formulir.
  5. Kemudian, pengguna bisa mencantumkan pertanyaan.
  6. Klik beberapa model jawaban yang telah tersedia. Pilihannya antara lain tulisan, pilihan ganda (multiple choices), kotak centang (checkboxes), atau skala linear (linear scale).
  7. Apabila telah selesai, klik kolom Send di bagian kanan atas untuk memperoleh tautan. Tautan dapat dibagikan untuk mendapatkan respon.

Jika ingin men-share, mengizinkan pengguna lain untuk mengunduh file, ikuti cara ini:

  1. Anda buka Google Form.
  2. Klik tambahkan pertanyaan, kemudian Anda masukkan pertanyaan untuk memperoleh informasi.
  3. Di bagian sisi pertanyaan, klik panah bawah kemudian klik upload file.
  4. Anda tentukan format file yang ingin diunggah pengguna lainnya. Apabila terdapat jenis file khusus, klik Aktifkan kemudian pilih jenis.
  5. Anda buat settingan size atau ukuran maksimal untuk semua fileyang akan terkumpul lewat formulir.
  6. Setelah memperoleh tanggapan berupa dokumen yang diinginkan, pembuat formulir bisa mengecek dokumen tadi di Google Form kolom “tanggapan”.
  7. Apabila ingin mengecek semua file yang diterima, Anda klik “ringkasan”. Apabila ingin mengecek dokumen individu, klik Individual dan klik dokumen yang akan dibuka.

Google form akan lebih mudah jika dikerjakan menggunakan laptop karena layar laptop lebih besar dibandingkan dengan layar ponsel. Ada keterbatasan dimana Anda memakai ponsel tetapi jika dirasakan kepraktisannya lebih tinggi. Cara membuat Google form bisa dimana saja. File yang dibuat di laptop bisa dibuka juga di ponsel pintar selama format filenya sesuai. Anda bisa mengedit formatnya sekalian di laptop agar ketika dibuka di tempat lain bisa mudah dioperasikan.

Contoh Google Form

Sejak pandemi menyerang, berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan secara luring mendadak menjadi pantangan. Masyarakat harus mencari berbagai metode baru untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara online agar lebih aman.

Baca Juga:  Cara Melacak Akun Google untuk Menemukan Handphone yang Hilang

Sebelum pandemi, orang-orang yang melakukan survei atau membutuhkan responden atas kuesionernya biasanya akan membagikan kertas untuk diisi oleh para responden. Dengan adanya pandemi, orang-orang beralih dengan salah satu pembuat kuesioner maupun survei yang paling praktis lagi murah, yakni Google Form.

Google Form hadir sebagai solusi bagi semua kalangan yang membutuhkan survei. Cara membuat formulir ini sangatlah gampang. Banyak orang berpikir bahwa untuk membuat Google Form, membutuhkan laptop atau perangkat komputer. Sejatinya, untuk menggunakan fitur ini, berbagai perangkat dapat digunakan seperti handphone, tablet, laptop, maupun pc. Lantas, bagaimanakah cara membuat Google Form di hp tanpa aplikasi? Perhatikan baik-baik artikel ini!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari situs website https://docs.google.com/forms/ . Para pengguna dapat menggunakan berbagai macam browser, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Puffin Browser, UC Browser, maupun search engine lainnya.

Setelah mengikuti langkah pertama, apabila browser sudah terkoneksi dengan email, maka pengguna dapat langsung membuat formulir. Akan tetapi apabila belum terkoneksi, pengguna diminta untuk login dengan akun Google terlebih dahulu.

Tampilan halaman selanjutnya sudah berbentuk form kosong yang dapat diatur sesuka hati. Akan tetapi, apabila belum langsung terlihat tampilan form, pengguna dapat memilih “Blank Quiz” untuk memulainya.

Selanjutnya, pengguna dapat mengubah judul formulir, memberikan pertanyaan sekaligus pilihan jawaban. Kemudian menambahkan pertanyaan sesuai yang dibutuhkan. Cara untuk menambahkan pertanyaan adalah dengan menekan ikon plus pada pojok kiri bawah. Pengguna juga dapat menyisipkan gambar atau video pada formulir.

Usai formulir siap, pengguna harus menekan tombol anak panah di bagian atas layar. Setelah itu tampilan akan menampilkan setting pengiriman link Google Form kepada khalayak. Salin linknya dan kirimkan ke responden yang dituju. Google Form sudah siap digunakan! Untuk memeriksa jawaban responden, pengguna dapat memilih tab “Response”.

Demikian sekilas cara membuat Google Form di hp tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang para pejuang survei!

Selanjutnya baca juga..!

Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Aplikasi

Google Form adalah layanan dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan survei atau mengisi formulir secara online. Layanan ini memberikan keuntungan yaitu menghemat baik tenaga maupun materi dari pengguna. Jika biasanya seorang pengguna harus mencetak ribuan kertas kemudian berpindah kesana-kemari hanya untuk membagikannya, maka dengan Google Form cukup dengan sekali tekan untuk menyebar link dan hasilnya dapat langsung diperiksa.

Google Form juga dapat terkoneksi dengan Google Sheet untuk jawabannya. Sehingga jawabannya akan tersusun secara rapi dan terstruktur. Selain itu, layanan Google yang satu ini tidak berbayar alias free! Menarik, bukan? Sebetulnya, Google Form dapat digunakan untuk apa aja sih? Simak contoh Google Form berikut!

Google Form untuk pendaftaran Seminar menjadi contoh yang pertama. Untuk pendaftaran seminar, biasanya beberapa pertanyaan yang akan diajukan adalah nama, email, nomor Whatsapp, dan dari manakah pendaftar mendapatkan informasi seminar tersebut. Isian yang sama biasanya juga berlaku untuk pendaftaran webinar ataupun kajian.

Contoh Google Form selanjutnya adalah digunakan untuk keperluan akademik. Google Form dapat dimanfaatkan sebagai alat presensi ataupun ujian. Jika dimanfaatkan sebagai alat presensi, biasanya pertanyaannya adalah nama, nomor mahasiswa/siswa, dan kehadiran. Jika ujian, maka tentu saja isinya adalah soal-soal yang diujikan dalam berbagai macam bentuknya, dapat berupa isian singkat, pilihan ganda, bahkan esai.

Selain dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan yang cenderung terkategori sebagai “serius”, Google Form juga dapat digunakan untuk bersenang-senang bersama teman. Misal untuk bermain kuis atau menjawab pertanyaan-pertanyaan konyol.

Banyak juga lembaga atau perusahaan yang menggunakan Google Form untuk para pelamarnya. Para pelamar pekerjaan diwajibkan mengisi pertanyaan-pertanyaan yang tertera di Google Form. Google Form juga dapat menampung dokumen-dokumen yang diperlukan suatu perusahaan seperti KTP, CV, dan portofolio.

Singkat kata, Google Form memiliki banyak sekali kegunaan dan fleksibel. Contoh Google Form di atas hanya memberikan sedikit gambaran mengenai cakupan kegunaan Google Form. Apakah pembaca sekalian sudah menggunakan form ini untuk berbagai keperluan? Kalau belum, yuk dicoba!

Leave a Reply