cara memperbaiki keyboard laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Bagustekno.com – Bagian laptop yang paling rawan mengalami kerusakan itu adalah pada bagian keyboard nya. Hal ini akibat terdapat beberapa tombol huruf dan tanda yang tinggi frekuensi pemakaiannya dan ada juga tombol huruf dan tanda yang jarang digunakan, sehingga tombol huruf dan tanda yang sering dipakai menjadi lebih cepat rusak. Selain itu juga ada beberapa faktor lainnya yang membuat keyboard jadi mengalami kendala pada saat digunakan. Berikut ini cara memperbaiki keyboard laptop.

Cek Kondisi Fisik Keyboard

Cek dan perhatikan kondisi fisik keyboard laptop dengan seksama sambil dibersihkan dengan lap kering atau kertas tissue. Lalu sedot debu yang menumpuk dengan menggunakan vacum cleaner kecil atau bisa juga pergunakan gel khusus memerangkap debu dan lain sebagainya hingga keyboard benar-benar bersih. Jungkir keyboard lalu sedikit goyangkan agar kotoran rontok dan berjatuhan. Perhatikan apakah ada tombol huruf atau tanda yang rusak atau lepas. Bisa lem kembali dan usahakan posisinya kembali presisi.

Lakukan Restart Laptop

Berikutnya lakukan restart laptop. Cara ini dapat memperbaiki banyak masalah pada sistem operasi dengan secara langsung. Dapat juga melakukan tekan tombol power untuk selama beberapa detik sehingga laptop mati, jika tidak bisa melakukan restart. Tapi jika sesudah direstrat masih terdapat kendala masalah, maka bisa coba lakukan langkah berikutnya, berikut ini.

Cek Num Lock

Bisa saja terjadi tanpa sengaja mengaktifkan Num Lock sehingga tombol karakter pun menjadi berubah fungsi dan karakter yang keluar menjadi berbeda dari yang biasa. Cara guna mematikan Num Lock tersebut, ialah dengan cara menekan tombol Fn dan tombol NumLk pada keyboard dengan secara bersama-sama. Pada beberapa jenis merk laptop, kemungkinan akan sedikit berbeda. Dapat dicoba dengan menekan Caps Lock beserta tombol NumLk guna mematikannya. Apabila masih tidak bisa juga maka dapat menghubungi customer support dari produsen laptop bersangkutan guna mengetahui cara untuk mematikan Num Lock nya.

Baca Juga:  Memilih dan Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Cek Driver

Masalah driver dapat terjadi ketika sedang menginstal software pihak ketiga, atau bisa juga akibat terkena virus, dan lain sebagainya. Guna mengeceknya, maka caranya ialah dengan membuka Device Manager. Lalu cek pada bagian keyboard. Apabila terdapat tanda segitiga dengan warna kuning, maka dapat dipastikan bahwa driver keyboard nya yang mengalami masalah. Lalu lakukan download driver terbarunya pada situs produsen laptop tersebut  Cara ini juga dapat dilakukan untuk masalah keyboard tak terdeteksi oleh laptop.

Lakukan System Restore

Jika keyboard tidak berfungsi dengan baik sesudah melakukan install suatu program, maka bisa dicoba untuk melakukan system restore. Cara untuk melakukan system restore bagi OS Windows 8 dan OS Windows 7 adalah sama, yakni dengan membuka Start Menu lalu search menu Recovery. Sedangkan untuk OS Windows XP cara melakukan system reatore nya ialah dengan melakukan klik pada menu Start, kemudian pilih menu All Programs, selanjutnya pilih menu Accessories, dan lalu pilih menu System Tools, kemudian pilih menu System Restore.

Cara mengatasi laptop hang akibat kerusakan pada keyboard tersebut perlu diketahui, agar tidak mudah menjadi panik ketika suatu saat terjadi.

Leave a Reply