kursor laptop tidak bergerak

Cara Mengatasi Kursor Laptop tidak Bergerak

Bagustekno.com – Pengguna laptop sering kali menjadi mudah panik ketika kursor laptop tidak bergerak tiba-tiba. Berikut ini adalah Cara mengatasi laptop hang akibat kerusakan pada kursor yang berhenti bergerak atau macet atau hang tersebut.

Cek Fisik Mouse atau Touchpad

Memeriksa fisik mouse atau touchpad ketika kursor mengalami gangguan adalah hal yang tepat. Hal ini karena kursor dikendalikan melalui mouse atau touchpad tersebut. Kondisi mouse atau touchpad yang kotor atau pernah mengalami benturan yang cukup keras akan berdampak pada malfunction atau kerusakan pada tampilan kursor di layar. Adanya kotoran atau debu yang menempel terutama pada bagian sela-sela sambungannya bisa saja mengganjal dan mengganggu sehingga perlu dibersihkan, terutama untuk perangkat mouse atau touchpad yang telah lama digunakan. Tangan pengguna yang berminyak dan berkeringat juga bisa meninggalkan kotoran pada perangkat mouse atau touchpad pada saat menyentuhnya ketika sedang menggunakannya. Apalagi jika menggunakan mouse atau touchpad dengan sambil makan, maka bisa jadi kotoran sisa-sisa makanan akan menempel dan mempengaruhi kerja mouse atau touchpad tersebut. Sebaiknya hindari menggunakan laptop sambil makan. Lalu juga periksa pada sambungan kabelnya.

Masalah pada tampilan kursor juga bisa saja terjadi akibat adanya kesalahan pasang atau melonggarnya sambungan kabel mouse akibat sesuatu hal. Dalam hal ini ialah seperti tanpa sengaja tertarik kabelnya, atau ada kabel yang terkelupas dan nyaris putus atau hal lain sebagainya. Sehingga pastikan dulu juga bahwa posisi mouse yang dihubungkan pada laptop telah tersambung dengan secara benar. Pada laptop secara umum tersedia dua buah jenis port yang dapat dipergunakan untuk mouse, yaitu port PS/2 dan juga USB. Lalu jika mouse yang digunakan ialah jenis mouse wireless atau nirkabel, maka cara untuk mengetahui mouse telah tersambung dengan laptop secara baik dan benar atau belum ialah dengan membuka menu Control Panel lalu pilih menu Device Manager. Selanjutnya cek pada bagian menu Human Interface Devices atau menu Mice and other pointing devices. Lalu pastikan bahwa nama perangkat mouse nya telah ada.

Baca Juga:  Memilih dan Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Touchpad atau mouse dinonaktifkan

Masalah pada tampilan kursor juga bisa terjadi akibat tanpa sengaja menonaktifkan mouse wireless atau touchpad wireless. Sehingga oleh karenanya perlu untuk dinyalakan atau diaktifkan kembali terlebih dahulu. Adapun cara untuk mengaktifkan mouse wireless ialah dengan mengubah posisi switch mouse wireless dari yang semula OFF hingga menjadi ON. Sedangkan cara untuk mengaktifkan touchpad pada laptop,  ialah dengan menekan kombinasi tombol pada keyboard, sesuai dengan jenis merek laptop masing-masing. Pada setiap merk laptop akan dapat berbeda-beda caranya. Berikut ini ialah beberapa kombinasi tombol keyboard dari masing-masing merk laptop tersebut:

Laptop dengan merk Mac kombinasi tombolnya Fn + F2

Laptop dengan merk Acer kombinasi tombolnya Fn + F7

Laptop dengan merk Toshiba kombinasi tombolnya Fn + F9 atau untuk seri laptop dengan merk Toshiba dalam jenis tertentu telah disediakan  tombol khusus pengaturan touchpad yang letaknya ada di bagian sisi touchpad nya.

Laptop dengan jenis merk Asus kombinasi tombolnya Fn + F3 atau tombol Fn + F7

Laptop dengan merk Dell kombinasi tombolnya Fn + F7

Laptop dengan merk Lenovo kombinasi tombolnya Fn + F6

Laptop dengan merk HP ada tombol atau area khusus guna mengaktifkan touchpad nya.

Begitulah cara untuk mengatasi masalah pada kursor.

Leave a Reply