cara mengatasi Laptop Ngelag

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Bagustekno.com – Laptop yang ngelag memang mengesalkan. Apalagi kalau tengah menghadapi deadline pekerjaan atau tugas. Berikut ini cara mengatasi laptop hang yang bisa dilakukan sendiri sebagai langkah awal.

Bersihkan Laptop dari Debu dan Dinginkan

Overheating atau panas yang berlebih bisa dialami pada bagian CPU atau Processor atau VGA laptop sehingga akan membuat kinerja laptop menjadi melambat dan jadi hang. Hal inilah yang akan membuat software atau sistem menjadi sering mengalami Error, Macet, dan Not Responding atau ngelag. Penyebabnya bisa jadi akibat durasi pemakaian yang terlalu lama atau memproses suatu kerja yang berat, atau akibat debu yang menumpuk sehingga sirkulasi udara dalam laptop terhambat dan lain sebagainya. Sebagai solusinya ialah bisa dengan membersihkan debu pada Heatsink atau Kipas juga sela-sela ventilasi lubang pada body laptop. Selain itu, cek juga dengan kondisi fisim Processor nya dan pastikan bahwa dalam keadaan baik. Segera lakukan penggantian dan oleskan thermal paste yang baru pada heatsink dan juga processor.

Lakukan Shutdown

Pada laptop yang not responding atau ngelag bisa juga dilakukan shutdown paksa. Adapun caranya ialah cukup mudah, yakni dengan cara menekan tombol Power selama 5 detik maka secara langsung Laptop pun akan mati. Lalu diamkan selama beberapa saat hingga laptop mendingin lalu bisa coba untuk menghidupkannya kembali.

Install Ulang OS (Operation System)

Laptop yang ngelag juga bisa terjadi sebagai akibat OS yang bermasalah atau setelah menginstall OS baru lalu mengalami masalah dan ketidakcocokan. Jika hal ini masalahnya maka sebagai solusi untuk mengatasinya ialah dengan melalukan install ulang OS. Jika OS baru masih juga menimbulkan masalah maka bisa jadi memang OS baru tersebut tidak cocok atau compatible dengan spesifikasi lapropnya. Oleh karenanya maka tetap pertahankan dan kembali gunakan OS verai yang lama yang sebelumnya telah terbukti cocok dan comparible serta support sesuai dengan spesifikasi laptop nya.

Baca Juga:  Memilih dan Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Pasang Anti Virus

Bisa jadi laptop ngelag akibat terkena virus. Sebagai solusinya ialah dengan memasang anti virus.

Uninstall File yang Jarang Digunakan

Laptop ngelag juga bisa terjadi akibat hardisk yang kepenuhan atau kapasitas RAM yang telah melampaui batas kinerjanya. Sebagai solusinya ialah dengan menghapus beberapa file atau aplikasi program software nin pokok yang jarang digunakan atau tak diperlukan lagi. Dengan demikian kerja RAM bisa lebih ringan dan juga sisakan sekitar sepertiga room pada hardisk supaya hardisk tidak kepenuhan dan berat kerjanya. Jika kondisi fisik hardisk yang rusak maka bawa ke teknisi komputer guna mendapatkan solusi tepatnya.

Perhatikan beberapa langkah awal cara mengatasi Laptop Ngelag tersebut, dan jangan panik agar tidak mengambil tindakan yang salah yang justru bisa memperparah kondisinya.

Leave a Reply