cara atasi laptop lemot

Ini Dia! 5 Cara Atasi Laptop Lemot Auto Ngebut

Bagustekno.com Cara atasi laptop lemot, apakah Anda salah satu yang membutuhkan informasi ini juga? Jika iya, berikut ini beberapa cara mengatasi laptop yang lemot atau lambat tanpa perlu membawanya ke tempat servis. Yuk, simak bersama!

Cara Atasi Laptop Lemot

Menggunakan software sesuai spesifikasi laptop

Agar kinerja laptop tidak melambat atau lemot, Anda harus memilih dan menggunakan software yang sesuai dengan spesifikasi laptop itu sendiri. Coba cari tahu lagi, apakah laptop tersebut dikhususkan untuk pelajar, pekerja atau gaming. Untuk kebutuhan belajar, jelas spesifikasi ringan dan membutuhkan software yang aman.

Sedangkan laptop kebutuhan gaming, editor video atau desainer grafis biasanya memiliki spek besar. Ingat, jika laptop Anda memiliki spek standar jangan pernah memaksakan menginstal aplikasi ukuran besar yang justru akan membuat laptop lemot bahkan padam.

Dengan menghapus file dan aplikasi tak terpakai

Menghapus file, aplikasi atau program yang tidak dibutuhkan juga menjadi cara terbaik meringankan beban kerja laptop Anda. Dengan cara ini, Anda bisa memberikan ruang kosong lebih banyak pada hard drive. Anda bisa membersihkan file tidak penting yang ada di drive, terkhusus file yang ada di drive C sebagai cara atasi laptop lemot agar auto ngebut.

Membersihkan cache secara rutin

Perlu Anda ketahui, cache dan cookies yang ada di laptop harus dibersihkan secara berkala sehingga kinerja laptop lebih ringan dan lancar. Cara melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke drive C atau D, klik properties, tab general, disk cleanup, selesai.

Baca juga ulasan menarik tentang aplikasi edit video android

Menggunakan penyimpanan cloud

Cloud storage atau penyimpanan cloud merupakan salah satu alternatif yang bisa digunakan pemilik laptop dengan kapasitas hard disk internal kecil. Dengan begini, Anda tidak perlu pusing memori internal akan penuh dan membuat laptop lemot lagi.

Baca Juga:  Cara Mudah Download Aplikasi Google Meet di HP dan Laptop

Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, penyimpanan cloud juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai file dengan orang lain. Beberapa rekomendasi layanan cloud storage yang bisa Anda gunakan saat ini ialah iCloud, Dropbox, OneDrive, MediaFire, Google Drive dan lainnya.

Install antivirus

Salah satu penyebab laptop menjadi lambat ialah karena adanya virus yang menyerang laptop Anda seperti adware, spyware dan malware yang merupakan penyakit paling utama hari ini. Virus tersebut memang dirancang untuk menyerang memori dan program-program yang ada di laptop sehingga membuat kinerjanya semakin melambat.

Apabila laptop Anda tiba-tiba mengalami crash atau lemot, bisa jadi ada virus yang menginfeksi laptop. Untuk itu, segera gunakan antivirus untuk menghindari serangan-serangan tersebut.

Nah, demikianlah ulasan menarik seputar beberapa cara mengatasi laptop lemot tanpa harus membawanya ke tempat servis. Semoga cara atasi laptop lemot agar auto ngebut di atas memberikan manfaat untuk Anda ya!

Leave a Reply