cara mengatasi laptop hang

Langkah Mudah untuk Mengatasi Laptop Hang

Bagustekno.com – Kemudahan akan penggunaan laptop biasanya dilengkapi dengan adanya berbagai permasalahan dari laptop yang muncul seperti perlunya mencari cara mengatasi laptop hang. Laptop sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi banyak masyarakat, apalagi untuk para pekerja kantoran dan juga mahasiswa yang sedang mengerjakan pekerjaan mereka. Penggunaan laptop ini memang dapat membantu untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan mempermudah prosesnya serta juga fleksibel untuk dibawa ke mana saja.

Ketika laptop mengalami permasalahan hang, biasanya akan sulit untuk dioperasikan karena menjadi lemot atau juga malah tidak dapat digunakan sama sekali. Hal ini tentu saja dapat semakin memperlambat pekerjaan yang perlu untuk diselesaikan dan malah mengulur waktu menjadi lebih lama. Maka dari itu, perlu bagi para pengguna laptop untuk mengetahui cara memperbaiki laptop lemot agar dapat mengatasinya dengan baik ketika hal ini terjadi di tengah pekerjaan.

Cara Mengembalikan Laptop Ngelag

Bagi para pengguna laptop baru, biasanya permasalahan laptop hang tidak bergerak jarang ditemui karena bagiannya yang masih baru sehingga jarang muncul masalah. Namun, untuk laptop yang sudah lama digunakan biasanya akan sering mengalami masalah laptop menjadi not responding atau juga dikenal dengan sebutan laptop ngelag. Secara umum, masalah ini muncul karena laptop memiliki banyak cache yang tidak dibersihkan sehingga memberatkan performa dari laptop itu sendiri.

Jika hal ini terjadi, tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai cara mengatasi laptop ngelag, diantaranya:

  1. Menutup software yang sedang terbuka menggunakan Task Manager. Menu ini dapat dibuka dengan cara menggunakan pada bar bawah, lalu klik kanan. Nantinya akan muncul menu Task Manager dan klik pada menu tersebut. Untuk menutup software dapat dilakukan dengan klik pada nama software dan pilih End task.
  2. Mengatasi permasalahan laptop ngelag juga dapat dilakukan dengan memaksa laptop untuk ter-shut down. Caranya yaitu dengan menekan pada tombol power selama kurang lebih lima detik atau hingga laptop berubah menjadi kondisi mati. Setelah itu, laptop dapat dicoba untuk dihidupkan kembali dan diamati apakah dapat beroperasi secara normal.
  3. Cara terakhir yang perlu untuk dilakukan jika sebelumnya tidak berhasil yaitu membawanya ke teknisi komputer. Hal ini untuk melihat apakah terdapat kerusakan pada bagian hardware laptop tersebut yang menyebabkan performanya menjadi tidak maksimal kembali.
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Cara Memperbaiki Performa Laptop Lemot

Penggunaan laptop yang cukup sering dan dalam jangka waktu lama dapat membuat perangkat ini menjadi lebih lemot atau bahkan macet. Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai cara mengatasi laptop macet agar dapat dioperasikan dengan baik kembali. Kali ini akan dibahas tentang mengapa laptop dapat menjadi lemot saat dioperasikan dan juga cara mengatasi komputer lemot.

Secara umum, penyebab dari laptop lemot biasanya karena memori yang penuh sehingga mempengaruhi performa dari laptop tersebut. Selain itu, memiliki banyak program yang terinstall di laptop dengan memakan kapasitas memori yang cukup besar juga dapat menurunkan performa dari laptop tersebut. Di sisi lain, program yang membawa virus dan juga bersarang pada laptop dapat menjadikan laptop lemot, bahkan juga dapat merusak perangkat ini.

Terdapat berbagai macam cara laptop tidak lemot yang dapat digunakan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan BIOS. Langkah yang dapat dilakukan diantaranya:

  1. Ketika laptop mengalami hang, segera lakukan restart atau jika tidak bisa dapat menggunakan cara force shutdown dengan menekan tombol power beberapa saat.
  2. Nyalakan kembali laptop dan tekan tombol F2, F8, F11, atau F12 yang sesuai dengan pengaturan pada laptop yang digunakan.
  3. Cari menu Advanced BIOS Features dan klik pada bagian BIOS Cache untuk diubah menjadi disable.
  4. Simpan pengaturan kemudian nyalakan kembali laptop tersebut.

Cara Mengatasi Permasalahan Pada Keyboard Laptop

Salah satu komponen pada laptop yang penting dan membuat laptop menjadi dapat beroperasi dengan baik sesuai dengan fungsinya yaitu keyboard. Bagian laptop satu ini dapat membantu untuk menuliskan berbagai kebutuhan dan juga menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan fungsinya. Namun, permasalahan terkait dengan keyboard laptop ini dapat menyerang siapa saja dan membuat jengkel karena pekerjaan menjadi terhambat.

Baca Juga:  Memilih dan Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Berbagai cara memperbaiki keyboard laptop ada untuk membantu menyelesaikan permasalahan satu ini, diantaranya:

  1. Memperbaiki driver dari keyboard dengan melihat keadaan apakah memiliki masalah atau tidak. Caranya yaitu dengan mencari Menu, klik pada bagian Control Panel, dan cari System and Security yang ada. Setelah itu, cari pada bagian Device Manager dan temukan driver lalu lihat apakah terdapat gambar seru dalam segitiga yang berwarna kuning dengan arti keyboard dalam keadaan yang cukup kacau.
  2. Mengatasi permasalahan pada keyboard juga dapat dilakukan dengan merestore windows, apalagi jika permasalahan ini muncul setelah melakukan perubahan pada peraturan dalam laptop. Hal ini mungkin menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Kursor Tidak Bergerak

Tidak hanya perlu untuk mengetahui cara mengatasi laptop hang saja, tetapi permasalahan pada laptop ini juga seringkali terjadi pada kursor yang digunakan. Padahal, kursor ini memegang peran penting dalam pengoperasian laptop karena menu yang ada di dalamnya dapat dengan mudah dioperasikan ketika ada kursor yang berjalan. Tentu saja hal ini dapat membuat panik orang yang tidak mengetahui cara mengatasi permasalahan satu ini.

Untuk mengembalikan kursor laptop tidak bergerak agar dapat dioperasikan kembali, terdapat beberapa langkah yang dapat dicoba seperti:

  1. Melihat apakah touchpad dalam keadaan aktif atau tidak. Hal ini sering kali dialami oleh orang yang secara tidak sengaja menonaktifkan touchpad itu sendiri. Periksa touchpad dalam keadaan yang sudah aktif untuk memastikan kursor dapat bergerak kembali seperti semula.
  2. Cara lain yang dapat dengan mudah digunakan yaitu dengan menginstall driver dari touchpad pada laptop. Hal ini untuk membantu agar kursor dapat bergerak kembali namun dioperasikan bukan dari touchpad yang ada dari laptop. Hal yang terpenting dari melakukan instalasi ini adalah memastikan bahwa laptop memiliki koneksi internet yang cukup baik.
Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Solusi Laptop Sering Mati Sendiri

Dalam mengerjakan pekerjaan, memiliki permasalahan bahwa laptop sering mati sendiri dapat menjadi satu hal yang menjengkelkan karena penyelesaian pekerjaan harus terhambat selama beberapa waktu. Apalagi jika sedang bermain game atau menulis yang dapat membuat pengguna laptop menjadi harus menunggu untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Namun, saat ini terdapat banyak cara yang dapat digunakan agar laptop tidak lagi mudah mati dengan sendirinya.

Terdapat beberapa cara mengatasi laptop mati yang dapat dicoba ketika bertemu dengan masalah ini, diantaranya:

  1. Selalu siap dengan adanya colokan dan juga terminal listrik jika baterai merupakan masalah utama.
  2. Pastikan cooling pad yang terpasang pada laptop tidak dalam keadaan yang kotor.

Beberapa cara mengatasi laptop hang dan juga berbagai permasalahan lainnya di atas dapat membantu untuk mengembalikan kondisi laptop agar dapat beroperasi seperti semula. Jika tidak yakin dan ingin mengetahui permasalahan laptop secara lebih lanjut, dapat langsung mendatangi teknisi terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Leave a Reply