cara laptop tidak lemot

Memilih dan Merawat Laptop Agar Tahan Lama

Bagustekno.com – Setiap orang tentu ingin dapat melaksanakan segala kegiatan dengan lancar termasuk saat menggunakan laptop. Sayangnya terkadang laptop menjadi lemot dan mengganggu kegiatan apalagi pada saat tergesa-gesa. Tidak hanya mengganti hardware saja, cara laptop tidak lemot harus dengan melakukan perawatan yang tepat.

Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Lemot

Bukan hanya untuk mencegah laptop lemot, perawatan yang tepat dapat menjadi cara mengatasi laptop hang. Untuk merawat laptop bisa dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Penggunaan laptop harus sesuai spesifikasi

Usahakan untuk memasang aplikasi yang sesuai dengan kemampuan laptop untuk mengolahnya. Pastikan aplikasi tidak memakan banyak ruang. Setiap laptop memiliki kapasitas RAM dan spesifikasi berbeda yang harus sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

  1. Menggunakan cooling pad

Cooling pad akan mengurangi panas pada laptop sehingga mampu mengurangi masalah pada perangkat keras. Gunakan permukaan datar untuk meletakkan cooling pad dan laptop agar sirkulasi udara terjaga. Dengan demikian laptop akan lebih awet.

  1. Membersihkan komponen secara berkala

Cara laptop tidak lemot selanjutnya adalah dengan membersihkan debu pada komponen-komponen laptop. Debu akan menghalangi sirkulasi udara sehingga laptop akan lebih mudah panas. Karena memerlukan keahlian tersendiri cara ini bisa menggunakan jasa tempat servis terpercaya.

  1. Pemasangan aplikasi secara tepat

Gunakan aplikasi seperlunya saja dan hapus yang tidak perlu termasuk aplikasi yang ada ketika membeli laptop. Atau bisa dengan memilih beberapa program saja yang aktif ketika laptop menyala.

  1. Mematikan laptop dengan benar

Jangan mematikan laptop secara paksa meski saat terlalu lemot karena akan mempengaruhi HDD laptop. Kinerja laptop wajarnya akan terlambat merespons selama 15 sampai 30 menit. Jika memang tidak merespons lebih dari waktu terebut bisa langsung memencet tombol power sampai laptop mati.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Memilih Laptop Agar Tahan Lama

Teliti dalam membeli laptop dapat menjadi cara laptop tidak lemot karena menggunakan banyak pertimbangan. Berikut caranya agar tepat dalam memilih laptop.

  1. Menentukan kapasitas RAM

Sesuaikan RAM laptop dengan kebutuhan penggunaan laptop karena semakin besar RAM maka harga semakin tinggi. Jika penggunaan laptop lebih berat maka RAM harus lebih besar. Selain untuk mencegah lemot juga mencegah laptop dari hang dan kerusakan.

  1. Memilih prosesor yang tepat

Semakin canggih prosesor akan membuat laptop semakin lancar kinerjanya. Pilih laptop dengan prosesor yang mampu mendukung kegiatan dengan menggunakan laptop tersebut. apakah laptop untuk bekerja, keperluan multimedia, untuk gaming, atau bahkan untuk semuanya.

  1. Mempertimbangkan media penyimpanan

Jenis dan ukuran media penyimpanan menjadi pertimbangan selanjutnya. Jika laptop lebih banyak untuk menyimpan data maka bisa memilih laptop dengan hardisk. Tetapi jika memerlukan laptop yang cepat maka bisa memilih laptop dengan SSD.

  1. Memilih laptop dengan garansi

Setiap merek laptop akan memberikan garansi kepada pelanggannya dalam jangka tertentu. Beli saja laptop di penjual yang resmi baik secara online maupun offline.

Leave a Reply