Laptop sering mati sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri

Bagustekno.com Laptop sering mati sendiri bisa jadi mengganggu pekerjaan Anda ketika sedang menggunakannya. Bisa jadi data-data yang sedang kita kerjakan hilang karena laptop tiba-tiba mati. Penyebab laptop yang sering mati sendiri cukup banyak. Oleh sebab itu, sebagai pengguna Anda harus bisa menggunakannya dengan bijak dan sesuai.

Apa Penyebab Laptop Mati Sendiri?

Ada berbagai penyebab yang menyebabkan laptop sering mati sendiri. Biasanya, penyebab tersebut disebabkan oleh kesalahan pengguna yang menggunakan laptop kurang tepat. Tak hanya itu saja, bisa jadi juga akibat dari usia laptop yang sudah lama.

Berikut ini adalah penyebab laptop mati sendiri :

  1. Laptop Terlalu Panas atau Overheat

Laptop bisa mengalami kondisi terlalu panas atau overheat yang disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi laptop yang mempunyai panas berlebihan akan membuat laptop mengaktifkan mekanisme perlindungan pada komponennya dengan cara laptop sering mati sendiri.

Penyebab laptop mengalami overheat adalah kipas yang kotor sehingga proses pendinginan laptop terhambat. Apabila laptop sering digunakan pada permukaan yang tidak rata dan menyerap panas seperti misalnya kasur juga bisa overheat.

  1. Power Supply Laptop yang Bermasalah

Pastikan power supply seperti charger yang Anda gunakan untuk laptop sudah ori dan sesuai dengan tipe laptop. Jika tidak sesuai, maka bisa berdampak pada terganggunya aliran listrik pada laptop yang akan menyebabkan laptop mati sendiri.

  1. Baterai Laptop yang Bermasalah

Baterai laptop yang sudah lama bisa mengalami kondisi error seperti misalnya tidak mau terisi penuh bahkan hingga tidak bisa digunakan. Kemudian, menyebabkan laptop harus selalu dalam kondisi charge untuk bisa digunakan.

Ketika aliran listrik tiba-tiba terputus seperti misalnya ketika sedang ada pemadaman listrik dan Anda sedang menggunakannya dalam kondisi baterai terisi, maka laptop bisa mati. Apabila laptop mati sendiri dengan penyebab ini maka bisa berdampak pada menurunnya kesehatan laptop nantinya.

  1. Penggunaan Laptop yang Kurang Tepat

Hal yang juga bisa menyebabkan laptop sering mati sendiri adalah penggunaannya yang kurang tepat. Seperti misalnya Anda terlalu banyak menggunakan software berat yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop. Laptop akan menjadi sering mati atau hang karena tidak kuat. Cara mengatasi laptop hang juga perlu untuk diketahui.

Baca Juga:  Langkah Mudah untuk Mengatasi Laptop Hang

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri?

Jika dilihat dari berbagai penyebab yang sudah dijelaskan di atas, maka Anda bisa dengan mudah mengetahui solusinya. Apabila laptop overheat maka bisa diatasi dengan membersihkan kipas, menggunakan pasta pendingin, dan menggunakan laptop pada permukaan datar seperti meja.

Kemudian, Anda juga perlu menggunakan power supply seperti charger yang ori dan tidak rusak agar tidak mengganggu kinerja laptop. Apabila baterai sudah rusak, ada baiknya untuk langsung menggantinya. Kemudian, laptop sering mati sendiri juga bisa diatasi dengan menggunakan software sesuai kemampuan laptop.

Leave a Reply