Cara mengatasi komputer lemot

Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasi

Bagustekno.com – Komputer merupakan salah satu teknologi yang meringankan berbagai kegiatan mulai bekerja, sekolah, maupun hiburan. Namun akan sangat mengganggu jika komputer lemot. Sehingga penggunanya memerlukan cara mengatasi laptop hang dan lemot agar tidak mengganggu kegiatan.

Pemicu Komputer Menjadi Lemot

Jika mengetahui penyebab komputer lemot maka kemungkinan akan menemukan cara mengatasi komputer lemot dengan mudah. Ada banyak penyebab komputer menjadi lemot, namun yang paling sering adalah sebagai berikut.

  1. Kapasitas memory yang semakin berkurang

Terkadang pemilik tidak mempertimbangkan daya dari RAM ketika memasang berbagai aplikasi maupun mengupdate aplikasi tersebut. Untuk mengetahui kondisi RAM bisa melalui Task Manajer kemudian pilih Performance lalu Memory.

  1. Hardisk yang bermasalah

Hardisk merupakan tempat penyimpanan semua data dan aplikasi serta kecepatan baca tulis hardisk akan mempengaruhi kinerja komputer. Kemungkinan kerusakan pada hardisk terjadi karena ruang penyimpanan terlalu sedikit, hardisk mengalami error atau penggunaan hardisk sudah terlalu lama.

  1. Terlalu banyak aplikasi terpasang

Banyaknya aplikasi pada komputer akan menyebabkan lemot sehingga memerlukan cara mengatasi komputer lemot. Sering kali aplikasi pada komputer jarang atau tidak berguna sama sekali. Aplikasi tersebut tetap menguras penyimpanan karena dapat berjalan secara otomatis pada background.

  1. Banyaknya temporary files

Seperti namanya, temporary files adalah file yang sementara penggunaannya namun setelah program selesai akan memakan banyak ruang penyimpanan. Temporary files yang terlalu banyak akan memakan sebagian besar ruang pada penyimpanan dan komputer menjadi lemot.

  1. Terdapat virus, malware, atau spyware

Virus yang masuk ke dalam komputer dapat berasal dari mana saja. Misal mengunduh file sembarangan, tidak memasang antivirus, serta memasang flashdisk yang terkena virus dari komputer lain.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Mati

Mengatasi Komputer yang Lemot

Mengatasi komputer yang lemot secara mudah tentu saja membawa ke tempat servis. Namun pemilik bisa mengusahakan untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Cara mengatasi komputer lemot yaitu:

  1. Menambah kapasitas RAM

Untuk menunjang kinerja komputer maka pemilik bisa menambah kapasitas RAM dengan mengeluarkan sejumlah biaya. Namun bisa juga dengan menghapus atau menonaktifkan beberapa program. Pilih saja program yang ringan agar komputer tidak bekerja secara berlebihan.

  1. Memperbaiki hardisk

Bisa dengan menambah kapasitas hardisk atau dengan mengganti yang baru. Atau dengan mengganti tipe hardisk menjadi yang lebih baru. Sebaiknya hindarkan hardisk dari debu dan goncangan serta cegah hardisk terlalu panas.

  1. Mencopot aplikasi yang tidak berguna

Pertimbangkan betul ketika memilih aplikasi untuk komputer. Jika memang terdapat aplikasi yang kurang berguna sebaiknya hapus saja. Atau jika tidak ingin menghapus bisa dengan mengatur aplikasi agar tidak berjalan ketika start up.

  1. Mengurangi temporary files

Memang tidak semua orang mengetahui di mana letak temporary files. Namun untuk menghapusnya bisa dengan program Disk CleanUp. Atau menggunakan aplikasi tertentu.

  1. Memasang anti virus

Ada banyak program anti virus namun sebaiknya gunakan satu saja. Pilih yang terpercaya dan tentu mudah pengoperasiannya. Serta bisa dengan menjalankan Windows Safe Mode.

Leave a Reply