Tips dan Trik Melacak HP dengan IMEI

Tips dan Trik Melacak HP dengan IMEI Tanpa Akun Email

Bagustekno.com – Salah satu perangkat elektronik yang populer sepanjang waktu dan kini banyak dimiliki oleh sejumlah kalangan dari muda hingga tua adalah handphone (HP). Bahkan, kini merek – merek HP di pasaran memberikan fitur – fitur canggih yang membantu penggunanya dalam bertukar pesan, melakukan bisnis dan lain – lain. Namun, hal yang menjadi permasalahan orang – orang karena keteledorannya sendiri adalah ketika harus kehilangan HP yang entah dimana keberadaannya. Sehingga, hal inilah yang membuat orang – orang akhirnya mencari solusi mengenai bagaimana cara melacak handphone hilang dengan mudah dan cepat. Nah, di bawah ini akan dijelaskan lebih detail mengenai bagaimana cara melacak HP dengan IMEI tanpa email.

Apa yang dimaksud IMEI?

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara melacak HP dengan IMEI tanpa email, ada baiknya Anda lebih dulu mengetahui mengenai apa itu IMEI. Secara umum, IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan sebuah angka unik yang tersusun dengan jumlah 15 – 16 digit untuk mengidentifikasi perangkat ponsel iDEN dan 3GPP dan beberapa perangkat ponsel satelit. Untuk melihat IMEI ini, pengguna HP dapat melihat langsung di nomor yang tercetak di bagian baterai, melakukan dial panggilan ke *#06# maupun dengan melihat nomor IMEI di informasi sistem operasi. Dengan IMEI ini, maka pengguna dapat mengidentifikasi perangkat HP dan menghentikan akses koneksi jaringan dari ponsel yang dicuri pihak lain.

Bagaimana cara melacak HP dengan IMEI tanpa email?

Dalam melacak posisi / keberadaan HP yang hilang, umumnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya seperti menggunakan akun email, GPS, fitur di dalam perangkat HP dan lain – lain. Namun pada pembahasan kali ini, Anda akan dijelaskan mengenai bagaimana cara melacak HP dengan IMEI tanpa email dengan mudah dan cepat. Nah, cara tersebut dapat Anda lakukan dengan langkah – langkah di bawah ini :

  • Pergi ke pihak berwajib (polisi)
Baca Juga:  Koleksi Link Twibbon HUT RI ke 77, Download Sekarang untuk Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan pergi ke kantor kepolisian untuk meminta operator seluler melacak dimana keberadaan HP Anda yang hilang. Walaupun terbilang ribet, namun cara ini lebih aman lantaran data privasi yang ada di perangkat HP lebih terjaga.

  • Hubungi call center operator HP

Setelah Anda mendapatkan surat kehilangan dari pihak berwajib, Anda bisa melacak HP yang hilang dengan menghubungi call center operator HP atau pergi ke gerai operator penyedia jaringan. Setelah itu, beri tahu nomor IMEI HP Anda dan nomor ponsel Anda ke pihak operator seluler. Nantinya, pihak operator seluler akan memberitahu keberadaan ponsel Anda yang hilang.

Sebagai catatan, cara melacak HP dengan IMEI tanpa email ini dapat Anda lakukan dengan syarat selama ada koneksi jaringan internet, GPS dan ponsel dalam keadaan aktif dengan kartu SIM di dalamnya.

Leave a Reply